Permainan Tradisional: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Nilainya

Pada saat ini, permainan tradisional bagi anak-anak sudah tidak lagi banyak diminati. Karena anak-anak lebih senang bermain game di gadget. Padahal hal itu menyebabkan keaktifan anak jadi berkurang.

Permainan tradisional adalah permainan yang dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat. Permainan tradisional berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya secara lisan.

Umumnya permainan tradisional sudah slot 777 hada sejak zaman dahulu, karena sudah dimainkan turun-temurun dari nenek moyang.

Permainan tradisional dimainkan dalam suatu gerakan fisik, nyanyian, dialog, tebak-tebakan dan perhitungan.

Sebagian Permainan tradisional juga berdasarkan matematika dasar atau cekatan tangan seperti menghitung dan melemparkan batu ke suatu benda.

Setiap daerah tentu memiliki permainan tradisional masing-masing. Di mana permainan tradisional tersebut menjadi kebiasaan sebagai interaksi sosial serta membentuk ikatan antarsesama.

Manfaat permainan tradisional

Bermain merupakan hal yang mengasyikkan bagi anak-anak, terutama permainan tradisional. Kebanyakan permaianan tradisional dimainkan secara bersama-sama atau berkelompok.

Berikut beberapa manfaat dari permainan tradisional, di antaranya:
Anak menjadi kreatif

Mengembangkan kecerdasan logika anak
Mengembangkan kecerdasan kinestetik anak
Bisa digunakan sebagai terapi untuk anak
Mengembangkan kecerdasan intelektual anak
Mengembangkan kecerdasan emosi antarpersonal bagi anak
Mengembangkan kecerdasan natural anak
Mengembangkan kecerdasan musikan anak