Aktor GTA 5, Ned Luke

Ned Luke, Aktor GTA 5 Tolak Program AI yang Menggunakan Suaranya

Ned Luke, sosok dibalik pembawaan Michael de Santa Grand Theft Auto 5 baru-baru ini ungkap pertentangannya pada program AI. Khususnya sementara ia sadar tersedia AI yang meng-copy suaranya tanpa persetujuan darinya.

Memanglah baru-baru ini konten AI ramai dipakai oleh masyarakat dari bermacam kalangan. Dengan kecerdasan buatan itu, computer bisa beri tambahan hasil gambar atau nada replika dengan akurasi yang paling mendekati. Oleh gara-gara itu, maka tak heran lahir bermacam reaksi dari. khususnya penolakan sebagaimana yang Ned Luke yang suka bermain di situs https://www.baznassarolangun.org/blog/nexus-slot/

Ned Luke, sosok dibalik pembawaan Michael de Santa Grand Theft Auto 5 baru-baru ini ungkap pertentangannya pada program AI. Khususnya sementara ia sadar tersedia AI yang meng-copy suaranya tanpa persetujuan darinya.

Aktor GTA 5, Ned Luke Tolak Keberadaan AI

Ned Luke yang memerankan sosok Michael de Santa GTA 5 ungkapkan penolakannya pada AI, khususnya kepada WAME, yang menjiplak suaranya tanpa sepengetahuan dan persetujuan darinya.

Melalui tulisan Twitter, Luke mengumpamakan AI sebagai penipu dengan mengatakan,”Gak tersedia yang keren dari menipu orang“. Selain itu, ia menasehati para fans untuk tidak “membuang waktu” ke hal-hal layaknya ini.

This is fucking bullshit @wamexyz absolutely nothing cool about ripping people off with some lame computer estimation of my voice. DON’T WASTE YOUR TIME ON THIS GARBAGE…

Tanggapan WAME

Pernyataan ini muncul sesudah WAME menunjukkan chatbot Michael, yang fatalnya termasuk disebut sebagai protagonis di GTA 4. Padahal, Michael sendiri baru saja muncul di GTA 5. Dan sesudah didatengin oleh Luke, WAME merilis sebuah pernyataan resmi yang berbunyi:

Dalam hadapi kontroversi terkini seputar penggunaan nada Mr. Ned Luke dalam aplikasi kami, kami di WAME ingin mengemukakan pemahaman dan kekhawatiran mendalam kami. Insiden ini menyoroti interaksi rumit pada kemajuan teknologi AI dan ranah etika dan juga hukum.

Pernyataan tersebut termasuk diiringi dengan beberapa poin yang terdiri dari maksud dan awal target ada nada AI-generated Michael de Santa, yang mana mengatakan bahwa murni untuk tingkatkan imersi pemain, bukan untuk ekploitasi komersial. (poin 1)

Dalam poin kedua, walaupun nada tersebut berbasis nada Luke, WAME mengaku memang nada tersebut telah disintesis dan disesuaikan kembali. Akan tetapi, sesudah mendapat tanggapan dari Luke, WAME segera menyita tindakan cepat dengan menarik kembali aplikasinya dan mengakui kelalaiannya. (poin 3)

Selanjutnya, WAME berharap maaf secara resmi kepada Luke dan berkomitmen untuk menegakkan keseimbangan pada hak cipta dan penggunaan AI yang etis. Dan insiden ini dirasa jadi umpama perlunya kerangka hukum dalam penggunaan AI yang stabil. (poin 4 dan 5)

Kesimpulan

WAME berkomitmen untuk merawat hak para voice actor/actress dan kreator dengan konsisten mengembangkan praktek AI yang beretika. WAMe yakin bahwa kontroversi ini jadi peristiwa dalam menyelaraskan teknologi AI dengan undang-undang yang relevan.

Sesungguhnya, tampilan Ned Luke sebagai Michael de Santa GTA 5 ini dulu direplikasi oleh AI sebelumnya. Namun, penolakan Luke ini tersuarakan di tengah maraknya kekhawatiran Voice Actor/Actress yang risau talent mereka bakal diganti dengan teknologi, khususnya di proyek-proyek resmi. Mengingat sekarang tidak sedikit developer game sendiri tersedia yang sudah mulai ‘nyicip’ kekuatan AI untuk pertumbuhan game mereka.