Fakta tentang Inggris dalam Sepak Bola

Sepak bola yakni permainan olahraga yang betul-betul digemari di segala dunia. Hampir di segala negeri pasti mempunyai liga sepak bola tersendiri. Sepak bola tak cuma sekadar permainan olahraga, sepak bola juga menjadi suatu hal yang mewujudkan simbol, pujian, dan identitas bagi suatu kota, negara, dan masyarakatnya.

Pada sejarahnya, yang menjadi inspirasi lahirnya sepak bola berada di Tiongkok pada zaman Dinasti Han di abad ke-2 dan ke-3. Saat itu sepak bola bernama T’su Chu. Pada abad ke-19 sepak bola modern lahir di Inggris. Saat itu muncul asosiasi sepak bola Inggris atau yang parlay bola biasa disebut FA dan mulai membikin undang-undang-undang-undang tentang sepakbola. Dan pada 1904, FIFA atau federasi yang menanungi sepak bola segala dunia lahir.

Inggris sebagai negara yang melahirkan sepak bola modern tentunya menjadi negara dengan imbas sepak bola yang besar. Tetapi, Inggris justru mempunyai fakta-fakta yang unik menyangkut sepak bola. Berikut fakta sepak bola di negara Inggris.

Meskipun Inggris yakni penggagas sepak bola modern di dunia, tetapi Inggris justru tak mengikuti tiga edisi pertama Piala Dunia di Uruguay pada 1930, Italia pada 1934, dan Prancis pada 1938. Setelah Perang Dunia II, Inggris baru mengikuti Piala Dunia yang diadakan di Brazil pada tahun 1950. Prestasi Inggris di Piala Dunia terbilang tak cukup baik atau mungkin buruk sekali. Dari 18 edisi Piala Dunia, Inggris justru cuma menjadi kampiun sekali pada tahun 1966 saat Inggris menjadi tuan rumah. Kejadian bersejarah tentang Piala Dunia bahkan terjadi di sini. Kejadian hal yang demikian yakni dicurinya trofi Piala Dunia tetapi ditemukan oleh anjing yang bernama Pickles. Di luar dari itu, prestasi tertinggi Inggris yakni dua kali peringkat empat, yakni pada tahun 1990 di Italia dan 2018 di Rusia. Inggris bahkan pernah tak lolos tiga edisi Piala Dunia pada tahun 1974 di Jerman, 1978 di Argentina, dan 1994 di Amerika Serikat.